gravatar

Penghargaan Persembahan dari Gempa Tasikmalaya


Sungguh memilukan apabila terjadi bencana alam di bumi ini, tak terbayang berapa nyawa akan melayang, trauma dari para korban, baik luka-luka yang ringan maupun yang berat, khusus bagi korban dengan luka berat tentunya akan menjadi trauma seumur hidup, derita kecacatan akan dirasakan hingga akhir hayatnya. Adapun kerusakan material yang diakibatkan bencana tersebut tak terbayang besarnya. Rusaknya fasilitas pelayanan, gedung-gedung perkantoran, terhentinya pusat ekonomi rakyat, dan sebagainya.

Demikian juga halnya bencana gempa bumi yang terjadi di perairan sebelah selatan pulau jawa bagian barat, atau lebih tepatnya gempa Tasikmalaya. Hingga hari ke-13 bulan ramadhan sudah tercatat 59 orang korban tewas.

Terhitung sejak hari tanggal tulisan ini diposting, Data sementara Satkorlak Jabar hingga pukul 06.00 WIB. menyatakan :

59 korban yang tewas itu tersebar di Kabupaten Tasik 5 orang, Kabupaten Bandung 9, Kabupaten Bandung Barat 1, Kabupaten Sukabumi 2 orang, Kabupaten Cianjur 22, Kabupaten Bogor 2, Kabupaten Ciamis 6, dan Kota Tasik 5.

Selain itu di Cianjur masih ada 37 orang yang dinyatakan hilang oleh keluarganya

Selain korban meninggal, sebanyak 429 orang di Jabar mengalami luka-luka baik kategori berat, sedang, maupun ringan. Sementara untuk rumah yang hancur rata dengan tanah sebanyak 1.745 rumah.
Rusak berat 29.529 rumah dan rusak ringan 55.179 rumah.

Jumlah pengungsi sebanyak 1.612 KK atau setara dengan 25.242 jiwa.

Namun ditengah tangis pilu dan derita warga yang diakibatkan bencana gempa bumi tersebut, ternyata gempa Tasikmalaya menyematkan penghargaan tersendiri kepada pihak lain.
simak berikut, diambil dari index berita detiknews, belum kepada situs berita yang lain.

'Gempa Langsung Puncaki Twitter','60% Topik Twitter Dikuasai Indonesia','Tasikmalaya Mendunia di Twitter','Facebook Juga Diguncang 'Gempa' Status','Status YM Siarkan Gempa ke Mana-mana','Kisah Gempa Diabadikan via Blog'

Arus perkembangan dunia maya, dalam hal ini web berbasis jejaring sosial adalah yang merasakan dampak(keuntungan) yang paling besar. Update status, threading topics, etc yang berisi seputar perkembangan gempa Tasikmalaya justru mengisi prosentasi pemberitaan web dunia. Tak ketinggalan pula web berbasis berita. Memang hal ini memudahkan para onliners dunia maya dalam mengetahui perihal informasi secara cepat, namun bila ditik ulang dengan seksama, keuntungan finansial tetap paling besar dipegang oleh pengelola web. Karena keuntungan mereka tidak melihat bentuk pilu apa yang menjadi informasi melainkan seberapa laris informasi mana yang menjadi indikator keuntungannya.

Simak pula

'Pasca Gempa, Okupansi Indosat Melonjak 100%','Gempa Bikin Trafik Esia Naik Dua Kali Lipat','Pasca Gempa, Trafik Flexi ke Jakarta Meledak','Trafik Melonjak, Jaringan Telekomunikasi Tersendat'

Diantara keras tangisnya para korban masihkan ada pihak-pihak yang tersenyum simpul ? Semoga tidak, dan penulis berbaik sangka kepada semua pihak bahwa kita semua merasakan kepedihan yang sama.

Dalam mesin pencari google, hasil pencarian yang didapat dengan kata kunci 'Gempa Tasikmalaya' adalah lebih dari 100.000 web link yang telah mewartakannya. Angka yang cukup tinggi dari informasi yang dapat diraih dalam kurun waktu kurang dari 2 hari.

Dibalik tragedi bencana alam, pastilah ada hikmah yang tersirat, namun kali ini penulis tidak ingin mengajak Anda untuk mengurai hal tersebut. Ada hal yang lebih urgen yang bisa dilakukan yaitu dengan segera mendonasikan bantuan Anda lewat badan-badan resmi bantuan bagi bencana alam di Indonesia.

Anda bisa memberikannya lewat Bulan Sabit Merah Indonesia atau Palang Merah Indonesia. Keterangan Bulan Sabit Merah mengenai donasi untuk korban gempa di daerah Tasikmalaya dan sekitarnya :

Terjadi gempa berkekuatan besar dengan pusat di Selatan pulau Jawa dengan 7.3 SR. Telah hancur Bangunan rumah, kerusakan gedung sekolah, mesjid dan sarana lainnya.
Tasikmalaya, Garut, Cianjur, Sukabumi dan lainnya terjadi longsor, korban berjatuhan tertimbun dan anak-anak serta ibu-ibu yang membutuhkan pertolongan. salurkan donasi anda untuk membantu mereka di

rekening nomor 020003 8569 BSM cab. Tanjung Priok a.n Bulan Sabit Merah Indonesia

Untuk Palang Merah Indonesia :

Dalam menyediakan barang-barang bantuan tersebut PMI bekerjasama dengan Federasi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC) dan sejumlah Perhimpunan Nasional yaitu Palang Merah Hong Kong, Palang Merah Amerika, Palang Merah Perancis, Palang Merah Jerman, dan Palang Merah Denmark.

PMI membuka rekening bantuan bagi masyarakat yang ingin membantu korban gempa Tasikmalaya di Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Pancoran, no rekening 0390 0100 0030 303, atas nama Palang Merah Indonesia.


Demikian halnya bagi pihak-pihak yang selama ini diuntungkan dari terjadinya musibah ini (misal: pengelola situs, provider telekomunikasi, direksi berita televisi, dll) agar supaya menyisihkan keuntungannya bagi para korban dengan cepat, dan akurat. (sebagaimana slogan berita mereka). Dan untuk blogger supaya memasang banner-banner berisi anjuran donasi kepada para korban.

Terima kasih kepada semua pihak.

gravatar

ya yak bener juga klo di pikir lagi soal keuntungan indonesia dimata dunia gara2 bencana gempa itu

gravatar

memang bnyk gempanya besar lg....wuih takut jdna....tp yg pnting slalu brbuat yg baek n inget ma tuhan n ortu.....

gravatar

semoga keluarga yang tertimpa musibah bisa menerima dengan sabar, lapang dada...
semoga kita semua di jauhkan dari segala cobaan. Amin

gravatar

kang ada oleh oleh neich,,, di ambil ya kang.... hehehe http://nurmanto.blogspot.com/2009/09/ramadhan-part-11-tag-tanda-cinta.html

gravatar

ya,,,semua kejadian selalu ada hikmahnya..
termasuk gempa di tanah Jawa ini...
mudah-mudahan yang akan datang Indonesia bisa mendapatkan keuntungan tanpa adanya korban jiwa...

Amin........

gravatar

bagus sekali postingan kamu ya...
terima kasih karena sudah mau sharing sama kita semua

gravatar

semuanya memang dari kesalahan manusianya sendiri

gravatar

mudah2an yang korban gempa di beri ketabahan oleh Alloh SWR. Amin...

gravatar

Turut prihatin untuk para korban gempa. Tuhan mengingatkan agar kita selalu waspada.

gravatar

trim's sempat mampir di blog ku www.satpoltemanggung.blogspot.com dan aku salut tentang posting yang anda muat, kami juga turut prihatin dengan gempa yang terjadi semoga semua korban tabah menghadapinya

gravatar

kunjungan balik sob.... thx sudah mampir ke my blog.... artikelnya keren top bgt.... indonesia tambah terkenal dong yak di dunia.....

gravatar

templatenya keren sob... serasa di facebook.. ngomong tentang gempa, baru2 ini terjadi gempa lagi di Jogja.... waduh.... kog jawa jadi rawan gempa gini.... jadi takut....

blog aku di follow back ya sob...

matersuwun....

gravatar

gempa lg nih di padang, sumbar 7,6 SR sob...

gravatar

semoga keluarga yang tertimpa musibah bisa menerima dengan sabar, lapang dada...