gravatar

Pilih mana ?? Kerja ringan bayar 4ribu atau kerja berat bayar 50ribu plus bonus !!

Aktifitas setelah lebaran dimulai, situasi kampung halaman solo kembali seperti sedia kala, hiruk pikuk dan suara riuh anak/cucu ketika maen WE tergantikan aktifitas persewaan. Setelah sekian hari aktifitas persewaan, ternyata salah satu ban gerobak sewa bocor ( padahal ban dalem tersebut masih baru,tuh !!). Alhasil, fasilitas gerobak tidak dapat dipake sementara waktu, kemudian timbul niat md tuk benerin masalah nie, sendirian !!

"Kalo sedang panas, md kaga mo diganggu".
Begitu pikir md dalam setiap aktifitas kerja. Tahu kalo md sedang sibuk benerin ban gerobak, mbah solo kasih saran buat nyari tukang aja, yang lebih ahli dan profesional lagian bayar dikit kaga knapa, toh bagi-bagi rejeki n kaga repot sendiri (mungkin begitu pikir mbah solo).
Tapi sebelumnya, md sadar kalo dirumah tidak ada alat yang memadai buat beresin begituan, namun ini bukan menjadi halangan, "tidak ada obat maka akarpun jadi, semua bisa diakalin", begitu pikir md, lagian fisik jadi lemah dan letoi, kalo tidak disambut dengan kerjaan yang bersifat keras dan "ngokol" (istilah jawa).
Perlahan toh akhire kelar juga. Ban gerobak yang super keras bisa dicabut, setelah md periksa ternyata spesifikasi ban tidak sesuai dengan seharusnya. "Pantesan aja baru 2 x pake langsung jebol", batin md.
Waktu udah mendekati dhuha, jadi mungkin sekitar 3 jam md habiskan buat ngambil ban daleman gerobak. Selanjutnya, sambil cari ikan kakap di pasar kartasura, md cuba cari ban daleman gerobak yang sesuai. Yah, kalo cari barang sendiri memang lebih memuaskan, md dapet ban bermerek dengan harga yang lebih rendah dari yang kemaren dibeliin ma tukang ban. Maka mungkin ini juga menjadi salah satu sebab, knapa md lebih seneng urusan diselesaikan sendiri dari pada minta tolong keorang lain, sepanjang mampu.
Ba'da asar, md lanjutin pekerjaan yang belum kelar. "Ya, ampun ternyata pasang ban lebih susah, daripada nyabutnya!!", tapi md nekat. Mungkin memakan waktu lebih lama, tapi lebih puas bila akhire jerih payah berbuah hasil.
Melihat kerjaan yang kaga kelar-kelar, kembali mbah solo kasih "dawuh" supaya minta tolong ke tukang ban langsung.
"Sudah kepalang tanggung", pikir md. (dalam hati, md minta mbah solo percaya aja kalo md bisa kelarin urusan segera sehingga tidak menambah beban pikiran mbah solo, toh md tidak berkeluh kesah ntuk urusan nie, >> beda prinsip yang sederhana, kalo ada yang ngalah, silang pendapat cepet kelar, sebenere. Mungkin bisa ditebak sendiri situasinya). so, md tetep ambil pilihan awal, n kemudian meneruskan langkah-langkah seharusnya.
Hingga suatu waktu, md rasa gerobak yang tadinya md posisikan berdiri, agak sedikit goyang (posisi berdiri, membuat gerobak menjadi tidak stabil). namun dengan sigap md menahannya. (memang md telah mempersiapkan kondisi ini bila terjadi). Namun kesigapan md tidaklah cukup, untuk kesekian kalinya gerobak goyang, n md tidak cukup cepat untuk menahan goyangan gerobak. Wal hasil, gerobak roboh kedepan. (ke arah depan, kearah pagar), kemudian gerobak melaju dengan sendirinya karena posisi tanah yang menurun, sehingga menghantam pagar yang tadinya tertutup. Pagar depan terbanting keluar, dan gerobak tetap melaju dengan berubah arah kiri ke jalanan. md segera lari, untuk menahan laju gerobak karena md lihat dijalanan banyak pengguna jalan yang lewat. (Untung didepan pagar tidak ada yang lewat, sehingga pagar tidak mengenai orang).
Suara yang ditimbulkan dari jatuhnya gerobak yang membanting tanah kemudian menghantam pagar, cukuplah mengagetkan tetangga sekitar dan tentunya mbah solo). Kemudian, tetangga depan keluar rumah dan menghampiri md kemudian membantu mengembalikan gerobak ke posisi semula. md merasakan perih yang lumayan ditelapak tangan, setelah diperhatikan ternyata ada luka sobek sekitar 2 cm-an. Tangan md terserempet paku yang ada di as gerobak.
Singkat cerita, md bawa ke rumah sakit untuk dijahit, karena posisi luka yang vital sehingga dikhawatirkan menggaggu aktivitas kedepannya. Sambil berpesan ke istri tercinta agar tidak memberi tahu ke mbah solo kalau md pergi ke rumah sakit depan guna menjalani perawatan instan dari tim medis.
Sepulang dari rumah sakit, baru md mampir ke tukang ban untuk digarapkan urusan ban gerobak hingga kelar, tidak memakan waktu yang lama, urusan ban gerobak kelar dan md cukup mengeluarkan 4 ribu rupiah untuk servis.
Oh ya, untuk servis tangan md, keluar duwit 50 ribu plus bonus jahitan .

Kesimpulannya, bisa disimpulkan sendiri, :P

by : md

gravatar

ksmpln:1. serahkan urusan pd ahlinya (emang bikin penasaran sih...)
2. saran ortu wajib dipertmbgkan (toh saran baik)
Tp itu semua merpkan hikmah & proses memahami dan menyadari serta sbg pembelajaran.

gravatar

pengalaman untuk menjadi lebih ahli

gravatar

di bilangin mbah ngeyel sih hehehehe...

gravatar

hehehehehehehe......
Kan ude ade ahlinya kok tetap nekat....
trus klw mbah ngomong biasanya di turutin daripade nyesel blakangan....
harusnya cmn ngeluarin 4ribu doank jadi ngeluarin gocab da...
rugi 46 rb lumayan buat beli sate 80 tusuk plus lontong bwt Yang di Banyudono......
KENYANNNNGGGGGG DAAAAA.......