gravatar

Perluasan masjidil haram dalam mega proyek 2010

GELAR Khadimul Haramain pada Raja Arab Saudi Abdullah bin Abdul Aziz bukan sekadar tempelan. Julukan yang bermakna "Pelayan Dua Tanah Suci" itu menyebabkan para raja Saudi melakukan apa pun demi melayani jemaah haji, baik saat di Mekah Al-Mukaramah, Madinah Al-Munawarah, maupun di Masya’iril Muqadasah (Arafah, Muzdalifah dan Mina).

Upaya paling mutakhir adalah pembangunan dan perluasan Masjidilharam di Kota Mekah, Masjid Nabawi di Madinah, dan pembangunan kemah permanen di Arafah serta pembangunan Jamarat di Mina. Pembangunan megaprojek tempat-tempat suci tersebut saat ini sedang berlangsung, dan menurut rencana akan berakhir tahun 2010.

Dana sebesar 70 milyar Riyal (160 triliun Rupiah) telah disiapkan untuk pembangunan proyek pengembangan masjid terbesar dalam sejarah, dimana pengerjaan proyek ini adalah kontraktor termashyur, Bin Laden. Tahun 2007, perluasan masjid dimulai yang diperkirakan dapat meningkatkan kapasitas jamaah hingga 35%, sehingga mampu menampung 3 juta jamaah.

Menurut rencana, Masjidil Haram dirancang akan mampu menampung 10 juta jamaah pada tahun 2020 mendatang. Dalam cetak biru pembangunan kota suci Makkah, kota ini nantnya akan mampu menampung 3 juta penduduk dan 8 juta jamaah yang mendatangi tempat ini.

Demi mewujudkan hajat besar ini, penambahan halaman seluas 380.000 m2 dilakukan disebelah utara (wilayah Shamyah, sehingga pekerjaan ini dikenal dengan proyek Shamyah) dengan menggusur 1000 bangunan. Kompensasi sebesar 6 milyar Riyal telah dialokasikan demi kelancaran proyek. Sebut saja Hotel Sheraton, Hotel Hilton, Hotel Daaruttauhid Intercontinental, Hotel Kindah dan Hotel Makkah akan diratakan.

NB: Postingan in sebagai sambutan atas kedatangan para jamaah haji, semoga amal ibadah selama ini diterima oleh Alloh dan dihapuskan segala dosa, juga kepada kita semua, Amien


gravatar

"SUBHAANALLAAH.. Enkaulah tuhan kami yang Maha Memelihara lagi Maha Mulia.."