gravatar

Barokah itu Masih Mengucur

Bulan Februari hampir di lalui, namun tidak ada tanda-tanda akan berkurangnya curah hujan di Indonesia bahkan terus meningkat, tentunya tak ayal hal ini menyebabkan terendamnya sejumlah wilayah yang menyebabkan terganggunya aktifitas keseharian warga. tak jarang di sudut kota rendaman air melebihi ambang batas atau bisa disebut sebagai banjir. Daerah yang dulu tidak tersentuh air, kini sudah mulai tergenang hebat, sedang Daerah Aliran Sungai (DAS) menjadi daerah yang berbahaya untuk di lalui, demikian pula perairan di laut lepas.

Di negara tetangga, kebakaran semak belukar telah memakan korban hampir mencapai 200 orang (hingga tulisan ini diposting, salah satu media justru memperkirakan hingga 300an orang), dan menjadikan ratusan ribu keluarga terusir dari rumahnya. Demikian hebat musibah kebakaran ini hingga pemerintah setempat menerapkan keadaan darurat guna memfokuskan keselamatan warga.

Di belahan dunia lain, badai salju menyebakan sejumlah wilayah berbahaya bagi aktifitas termasuk penerbangan udara, transportasi darat, hingga kegiatan belajar di institusi pendidikan diliburkan.

Sedemikan hebat musibah yang ditimbulkan oleh alam. Inikah indikasi bahwa dunia sudah terlalu tua, sehingga tidak kuat lagi menampung berbagai macam gerak aktifitas manusia, atau campur tangan manusia dalam mengolah alam ini sudah melampaui batas, sehingga alam sudah tidak ingin bersikap ramah. Dan Apakah ujian atau cobaan dari Alloh yang telah lalu sudah dilupakan, sehingga ALloh menurunkan bala yang berkesinambungan ??

Kembali ke daerah sekitar, hujan turun demikian hebat dari hari ke hari, segala aktifitas yang terencana harus direncana ulang untuk memposisikan diri sehingga tidak terbuang sewaktu turun hujan. Tak perlu jauh pula mata memandang, melihat kondisi rumah kita sendiri, hujan yang terus menerus mengakibatkan suhu rumah menjadi sedemikian dingin, apalagi hujan di pagi hari seakan menambah efek kemalasan untuk beraktifitas. Seakan jauh dari kenikmatan yang diidamkan.

Apakah benar demikian ??

Setidaknya apabila kita melihat dari kacamata fisik memang demikian, namun apakah demikian pula dengan kacamata rohani ?? bahwasanya ada himah yang tersembunyi dari setiap hal di sekeliling kita. Marilah kita coba untuk bersikap sedikit lebih cerdas (maksudnya, mencari waktu lebih untuk berenung dan berfikir).

Ada hal-hal yang bisa menjadi hikmah, dan itu tak jauh dari kehidupan kita. Mau tahu ...?? simak berikut cuba... (moga ga males bacanya :))

Serangga Laron





Anda lihat gambar diatas ??

Ya itu adalah sekumpulan serangga yang keluar pada awal-awal musim hujan. Tahukah Anda bahwa dengan keluarnya serangga tersebut merupakan barokah yang sangat besar bagi alam semesta. Coba kita urai ...
Gambar tersebut adalah gambar seranggga laron yang keluar tepat di depan pintu rumah hadiwiryanan. Selama 4 hari berturut-turut sekumpulan laron keluar dari liang sedemikian banyak. Nah, sewaktu keluar, maka ia menjadi makanan empuk bagi hewan lain yang menyantapnya. Ketika laron terbang ke udara, burung walet, seriti, emprit sawah, sudah siap dalam posisi masing-masing untuk menyergapnya. Pernahkan Anda lihat burung walet menyambar laron dalam ketinggian 15 cm dari permukaan tanah sebagaimana Anda melihat di tv, burung elang menyambar tikus ... Ini adalah momen yang hebat .. bila Anda seorang photograper. tentunya momen ini sangat sayang untuk di tinggalkan. (sayangnya, penulis hanya mempunyai kamera hp dengan resolusi yang relatif rendah). Apabila laron luput dari incaran burung-burung, maka capungpun tak segan memangsanya, bedanya capung hanya memakan bagian kepala saja, dan meninggalkan tubuhnya. Laron jatuh ketanah, maka ada si meong, ayam, atau katak tanah, yang menunggu pula. Dan serangga lain seperti semutpun acapkali berpesta dari sejumlah laron yang tak berdaya untuk menikmati udara.
Di daerah tertentu (contoh di kampung penulis) laron yang terkumpul banyak bisa menjadi menu kuliner tersendiri dengan kandungan protein tinggi. (Anda mau mencoba ?? Datanglah kerumah kami )

cabai hias





Gambar di atas adalah kumpulan cabai yang sudah masak. Dalam kondisi musim hujan seperti ini, harga-harga sayuran menjadi mahal karena cepat membusuk. Nah, cabai yang Anda lihat adalah sejenis cabai hias. Justru musim cabai tersebut dapat hidup subur dan berbuah lebat. cabai ini selain enak dipandang, juga pedasnya bisa diadu dengan cabai yang diolah menjadi "sambal petir".

bunga rumput





Contoh terakhir adalah rumput bunga, atau bunga rumput, atau entah orang menyebutnya apa penulis tidak tahu pasti. (lagian belum surfing juga di mak google). Lebatnya "bunga rumput" ini (sebut saja begitu) menjadi daya tarik tersendiri bila bunga ini tumbuh di halaman Anda. Bisa juga menjadi barang komoditi untuk dijual, dan Anda akan mendapat balasan yang baik dari hasil penjualannya.

Demikianlah segelintir contoh, barokah-barokah dari Alloh yang tetap mengucur pada masa-masa musibah seperti ini. wal akhir semua bisa menjadi pelajaran tersendiri bagi kita yang mau berfikir lebih jauh, akan segala yang terjadi di muka bumi ini.(sekitar kita)

Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatan mereka.
[al-a'raf 96]

gravatar

nice artikel
"Aku Untuk Negeriku"

Best Regard,
OrLaNd
www.DalvindoOrlando.blogspot.com

gravatar

limpahan berkah ditengah musibah, semoga kita termasuk ke dalam golongan orang-orang yang selalu bersyukur

gravatar

Nice artikel..
semoga berkah yang diberikan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya...
Amin..

gravatar

nice posting.. sangat bagus mas..

gravatar

waduh... cabenya merah banget mau dong ane satu bang :) artikelnay bagus...bagus..bagus..

gravatar

Nice Post...
Hanya orang-orang beriman dan tahu bersyukur kepadaNya, yang dapat melihat segala hikmah dibalik cobaan... :)

gravatar

@ artiirhamna;evi;KangJoko;umi rina;yulio

Terima kasih, semua itu sangat berguna untuk admin

gravatar

ha? laron jd menu kuliner??
enak gak tuh?

gravatar

kalau penduduk negeri ini senantiasa ingat, taqwa, dan istighfar kepada Allah, insyaallah akan banyak nikmat Allah yang akan turun.amin

gravatar

baguslah kalau githu , ithu kan berarti kalu negeri tercinta kita ini masih dirahmati oleh yang maha kuasa

gravatar

subhanallah....ada byk barokah n hikmah dr kejadian2 alam dsekitar qta...

syukron u ilmunya y

gravatar

Salam kenal...
Setiap peristiwa baik yang buruk maupun yang baik pasti ada hikmahnya, dan hikmah tersebut bisa merupakan cobaan , ujian ataupun teguran kepada kita sebagai manusia yang diamanahkan mengelola bumi ini.

Trims atas artikel yang mencerahkan ini

gravatar

wah maknyus nie klw plang pas musim hujan...?
bisa makan kripik laron plus sambel petiir...?
tinggal ngeliwet nasi wah maknyus...?
ntar klo lbaran mdah2an hjan deh..?
biar bsa nyoba menu laron sambal petir md..?
he4x..

gravatar

maaf pak,jadi ga nyambung nih.Saya masih bingung cara add url blog saya di web directory.
Reciprocal Link URL:
A link to http://www.swipi.net could not be found at the specified URL.
To validate the reciprocal link please include the following HTML code in
the page at the URL specified above, before submiting this form:
Swipi Web Directorykode diatas ditaruh dimana sih pak?error terus loh......mohon bimbinganya pak.Tolong balas di kolom koment blog saya pak ya.Terima kasih sebelumnya pak.