gravatar

Gerhana Matahari Cincin (GMC) di Indonesia

Belum genap 1 bulan kita lalui dalam awal tahun 2009 ini, beragam peristiwa besar telah mewarnai hidup kita. Di dunia internasional, Yahudi Israel memberikan "kado" tahun baru kepada rakyat Palestina berupa perayaan holocoust modern atau genosida rakyat sipil Palestina. Sebuah perayaan yang tidak didambakan atau diimpikan oleh seorang wargapun dari rakyat Palestina. Di Indonesia, gempa bumi di tanah Manokwari dan sekitarnya cukuplah memberikan dampak traumatis sehingga warga sekitar tidak berani tidur di rumahnya sendiri dalam beberapa minggu, kemudian kecelakaan demi kecelakaan yang di alami dunia pelayaran di perairan majene, aceh, dll. Jangan di tanya mengapa 300an dari mereka memilih mengadakan "tahun barunan" di dalam lautan ??

Apakah tidak ada hal yang menggembirakan di dunia ini, hah ?? Tampaknya pertanyaan ini akan terjawab pada kurang lebih seminggu yang akan datang, tepatnya sekitar tanggal 26 januari 2009 hari senin pas libur imlek. Ada apa dengan tanggal 26 tersebut ?? apa ada perayaan imlek besar-besaran ?? kita khan bukan dari penganut kong .. ?? Nah jawabnya ada si baris berikut

Ngapain susah-susah nebak, khan judulnya udah jalas !!
xixixi. ya Indonesia akan ditemui salah satu peristiwa bersejarah berupa Gerhana Matahari Cincin (GMC) dan Hanya di Indonesia loh !!
Momen yang sangat menarik karena peristiwa tersebut hanya akan terulang pada tahun 2016 yang akan datang. Sayang banget kalo disia-siakan. Lalu bagaimana seharusnya sikap kita ?? apakah kita acarai dengan foya-foya ?? nonton bareng kayak liputan bola live ?? Tentunya sebagai muslim, sikap-sikap yang berlebihan patut dihindari.

Peristiwa Gerhana Matahari Cincin (GMC) disebut demikian karena piringan Matahari tidak akan sepenuhnya tertutup oleh bayang-bayang Bulan, sehingga pada wilayah yang dilewati GMC, Matahari akan tampak seperti cincin. Pada momen GMC 26 Januari 2009 ini, bayang-bayang utama (umbra) Bulan yang jatuh di permukaan Bumi hanya selebar 280 km, sehingga tidak seluruh tempat berkesempatan untuk menyaksikan fase cincin. Momen puncak gerhana sendiri hanya berlangsung kurang dari 8 menit.

Pusat gerhana akan melintasi daerah Lampung, Bangka-Belitung, Kalimantan Barat-Tengah-Timur, dan Sulawesi Tengah bagian utara, selat sunda dan sekitarnya, bagi masyarakat di jawa barat atau Bandung dan sekitarnya, gerhana tersebut juga dapat terlihat, hanya yang terlihat adalah gerhana sebagian, tapi jangan kecewa daerah matahari yang tertutupi bulan sama ko sekitar 80%. jadi yang akan terlihat akan seperti bentuk sabit.

Sedang untuk daerah lain, jangan khawatir.. tentunya dengan media online yang kian cepat ha itu tidaklah menjadi kesulitan. Anda bisa menuju ke alamat ini guna melihat streaming terjadinya gerhana matahari cincin tersebut.

Demikian penjelasan peristiwa penting yang akan terjadi, InsyaAlloh pada minggu mendatang dilihat dari segi penelitian ilmiah.
Untuk rujukan yang lebih detail Anda bisa mengaskes situs http://bosscha.itb.ac.id

gravatar

wah hebat OM....infonya keren banget! Saya pasti menanti saat terjadinya Gerhana Matahari Cincin ini.

Tanggal 26 Januari 2009 ya .>>>>!?

gravatar

di batam gimana yaw? kayakna aman2 aja

gravatar

Gerhana matahari cincin ya??????/
dari jawa ketok gak ya???????

gravatar

kalo di jawa, kelihatan seperti bulan sabit.